Selasa, 21 Agustus 2012

Siapakah Arhur Conan Doyle?


Sir Arthur Ignatius Conan Doyle adalah pengarang cerita fiksi terkenal Inggris. Karyanya yang paling terkenal adalah serial petualangan Sherlock Holmes, seorang detektif fiksi yang eksentrik. Ia lahir pada 22 Mei 1859.

Doyle mendapat gelar dokter dari Universitas Edinburgh, dan mulai membuka praktik di Southsea, Inggris, pada tahun 1882. Sebelumnya, seusai menyelesaikan pendidikannya di bidang kedokteran, Conan Doyle menghabiskan waktu sekitar satu tahun bekerja sebagai dokter di sebuah kapal yang berkeliling ke seluruh dunia.

Awal kehidupan Conan Doyle sangat susah, karena hanya memiliki pasien yang sangat sedikit, sehingga penghasilannya pun pas-pasan. Kondisi itu menjadikan Conan Doyle mengasah kemampuannya dalam menulis karena mempunyai banyak waktu luang. Sampai kemudian, dengan penuh rasa percaya diri, Conan Doyle beralih profesi dari dunia kedokteran menjadi seorang penulis.

Pada tahun 1886, ia menciptakan tokoh Sherlock Holmes yang diilhami dari Dr. Joseph Bell, salah satu dosennya. Cerita pertama yang berjudul “A Study in Scarlet”, diterima publik dengan baik. Namun ketenaran tokoh itu baru dimulai pada tahun 1891 ketika ia menulis serial petualangan Sherlock Holmes bersama sahabat setianya, Dr. Watson, dalam bentuk cerita pendek yang dimuat bersambung di Majalah Strand.

Selama Perang Boer pecah pada tahun 1899-1902, Conan Doyle menyumbangkan waktunya untuk bekerja sebagai dokter tentara di Afrika Selatan, dan secara resmi hasil kerjanya tersebut diakui oleh pemerintah Inggris sehingga dia dianugrahi gelar “Sir”.

Sir Arthur Conan Doyle meninggal dunia pada 7 Juli 1930, dalam usia 71 tahun.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar